Senin, 23 Mei 2011

Analisis gaya bahasa iklan terhadap iklan produk Bubur Jagung Margonda

Analisis gaya bahasa iklan terhadap iklan produk Bubur Jagung Margonda
Abstrak
Iklan merupakan salah satu alat komunikasi massa yang dibuat dan dikreasikan oleh pengiklan dalam rangka menawarkan barang atau jasa yang ditujukan kepada khalayak agar mereka tertarik menggunakannya. Iklan produk kecantikan majalah Femina (IPKMF) mempunyai objek sasaran wanita. Dengan menggunakan bahasa iklan yang persuasif diharapkan sasaran iklan tertarik dan mau membeli sehingga mengetahui manfaat produk yang diiklankan. Tuturan iklan produk kecantikan majalah Femina dikaji dengan menggunakan pendekatan stilistika. Stilistika digunakan untuk mengkaji gaya bahasa pada iklan, kemudian disertai alasan pemakaiannya. Dengan stilistika dalam penelitian ini diharapkan apa yang dimaksudkan pengiklan dalam tuturan iklan dapat diketahui secara jelas oleh pembaca. Masalah yang dipaparkan dalam tulisan ini adalah gaya bahasa dan alasan pemakaian gaya bahasa tersebut dalam kalimat iklan produk kecantikan majalah Femina. Pemakaian gaya bahasa ini bertujuan untuk menambah kesan menarik pada produk yang diiklankan Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi beberapa tahap. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak yang dilanjutkan dengan teknik catat. Kemudian data dianalisis secara fungsional dengan metode kontekstual. Data dikaji dan dianalisis dengan menggunakan teori stilistika dan teknik parafrase. Penyajian hasil analisis dilakukan dengan menggunakan kata-kata biasa. Penyajian penjelasan tuturan didukung dengan keterangan gambar yang dimaksudkan untuk memudahkan pemahaman terhadap tuturan iklan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kalimat iklan produk kecantikan majalah Femina mempunyai gaya bahasa yang beragam, antara lain: simile, metafora, sinekdoki, personifikasi, hiperbola, pleonasme, paradoks, klimaks, asindeton, polisindeton, anadiplosis, anafora, dan katafora. Penggunaan gaya bahasa ditujukan untuk menarik perhatian konsumen. Ragam bahasa tuturan iklan produk kecantikan majalah Femina merupakan perpaduan dua ragam bahasa kreatif yaitu ragam iklan dan literer yang menghasilkan bahasa iklan yang menarik dan indah untuk membangkitkan minat calon konsumen. http://eprints.undip.ac.id/7272/.

Ringkasan terhadap Abstrak dan Analisis Iklan.
Dalam penulisan bahasa dalam ragam bahasa Iklan adalah merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dimengerti, karena hal ini adalah upaya untuk menarik minat dari konsumen. Penulisan yang sangat baik dapat menumbuhkan minat yang kuat terhadap konsumen sehingga mereka dapat tertarik akan produk yang ditawarkan. Penulisan bahasa iklan pun harus jelas dan rinci akan manfaat, spesifikasi barang yang ditawarkan, informasi jangka panjang, solusi penanganan suku cadang (perawatan) dan info lain yang sekiranya dibutuhkan oleh konsumen agar dimana mereka semakin mengerti dan meminati produk yang ditawarkan. Penulisan yang bersifat persuasif adalah sangat diperlukan.

Dalam hal ini, saya memberikan contoh gaya bahasa iklan Bubur Jagung yang bertempat di wilayah Margonda Depok Jawa Barat, kata-kata yang digunakan adalah “Jangan nyoba, nanti ketagihan”.Menurut saya gaya bahasa iklan yang digunakan itu sangat persuasif sehingga bagi yang membacanya akan penasaran untuk mencobanya. Terbukti dengan adanya tulisan itu, banyak orang yang rela mengantri demi mendapatkan bubur jagung itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar