Kamis, 25 Maret 2010

Smpah

SAMPAH

Pernahkan kita menghitung berapa banyak sampah yang telah anda hasilkan dalam sehari? Sampah sisa makanan, kertas, tissue, botol-botol bekas, sampah plastik, peralatan rumah tangga yang sudah tidak terpakai lagi dan masih banyak lagi. Di beberapa negara besar, sampah adalah masalah utama yang sampai sekarang belum terselesaikan. Semakin tinggi tingkat pertumbuhan masyarakat, maka semakin tinggi pula volume sampah yang dihasilkan. Akibatnya, di kota besar seperti Jakarta ini kita sering menjumpai sampah yang menumpuk hampir di setiap tempat. Bila sampah-sampah itu tidak ditangani secara baik, maka tidak hanya berdampak pada masalah lingkungan saja, tetapi berdampak pula kepada masalah sosial. Seperti kasus yang terjadi di Leuwigajah dan Bantargerbang.
Untuk sebagian orang sampah itu menjijikan dan tidak berguna. Namun, bagi sebagian orang yang lain, sampah itu adalah anugrah yang bisa dimanfaatkan untuk diproduksi kembali. Maka kita jangan pernah mengganggap remeh pekerjaan dari para pemulung. Mereka setiap hari mengumpulkan barang-barang bekas dari satu tempat ke tempat yang lain. Melalui para pemulung itu, barang-barang bekas akan disalurkan kepada pengadah yang nantinya bisa didaur ulang agar dapat digunakan kembali. Karena sampah bila dibiarkan menumpuk maka akan mencemari tanah, air dan udara. Sedangkan bila dibakar, asap dari sampah seperti plastik dan karet dapat menyebabkan kanker bagi yang menghirupnya.
Jenis-jenis sampah yang bisa didaur ulang kembali antara lain adalah sampah bahan bangunan, sampah elektronik, logam, sampah plastik, kaca, kertas, dan bahan tekstil. Agar masalah sampah tidak semakin besar, maka dapat diawali dari diri sendiri yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan dan dengan dilakukannya pemanfaatan sampah sendiri dengan cara 3R : Reduce (mengurangi sampah), Re-use (menggunakan kembali), dan Recycle (daur ulang). Sebaiknya jangan selalu mengandalkan pemerintah saja, melainkan dimulai dari diri sendiri. Kita tidak mau kan kota Jakarta yang tercinta ini didatangi banjir setiap tahunnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar